Thursday, 14 February 2013

BATU SABUN SUKABUMI

Apa itu Batu Sabun? Salah Hitung dalam per MT (Matric Tonne)

Batu Sabun atau Batu Koneng bukanlah jenis Giok.
Kekerasannya hanya mencapai 2.0 dan 2.7 sedangkan Giok mencapai kekerasan 7 sd 8.0.
Batu Sabun atau Batu Koneng :
Tergores dengan benda tajam
Kekerasannya hanya mencapai 2.0 dan 2.7
Warna berubah menjadi putih jelek bila tidak cepat2 diolah
Justru itu batu ini harus sering2 disiram air
GIOK :
tidak tergores dengan benda tajam
Kekerasan : Giok mencapai kekerasan 7.0 sd 8.0.
Warna berubah semakin hidup dan bila batu itu berwarna hijau akan bertambah hijau
Batu Sabun adalah batuan metamorf,salah satu batu tambang yang sering ditemukan di pertambangan2 nikel dan emas selain di bukit2 atau pergunungan. Batu ini sebagian besar dijadikan bubuk karena terdiri dari bedak mineral kaya akan magnesium yang dihasilkan secara alami oleh metamorfosis dynamothermal dan metasomatism,yang mengubahnya jadi batu oleh panas dan tekanan, dengan masuknya cairan, tetapi tanpa mencair. Dan batu yang sempat terbuang ini,setelah di survey menjadi media yang baik untuk ukiran karena gampang diukir tidak seperti onyx batu lain yang kekerasannya rata2 di atas 5.0.
Batu Sabun terdiri dominan dari serpihan bubuk, dengan jumlah yang bervariasi dari klorit dan amfibol.
Batu Sabun juga dibentuk oleh metamorfosis protoliths ultramafik seperti serpentinit yang membuatnya bercahaya.
Nama lain nya adalah Pyrophyllite.
Batu Sabun atau Batu Koneng ini adalah batu lunak mudah diukir dan tidak rusak oleh pemanasan dan permukaan licin. Juga digunakan untuk pembuatan decorative products.
Banyak ditemukan di Mexico , Brazil,India,Indonesia dan bahagian2 wilayah lain.
Kwalitas terbaik Mexico dan Indonesia.
Ada sejenis batu sabun yang berbahaya mengandung zat mercury yaitu Cinnabar berwarna merah.Tambang ini telah banyak ditutup karena banyak memakan korban dimana zat mercury tersebut terhirup atau masuk ke dalam tubuh saat makan dengan tangan tanpa mencuci tangan terdahulu. Namun ada kemungkinan batu sabun jenis lain juga mengandung sedikit mercury,maka tetap harus ber hati2.
Jadi sifat batu sabun adalah bubuk padat yang berbentuk batu dalam proses alami. Kekerasan di bawah 2,dijadikan bubuk untuk campuran bahan pembuatan ceramics dll.
Batu Sabun warnanya macam2 dari kuning,hijau,coklat,dll.
Harga Pasaran
Harga pasaran di dunia hanya mencapai US$500 sd US$2000/MT. Kalau emas jelas mahal sebagai investasi bisa dijual lagi . Batu koneng atau batu sabun adalah batu limbah tambang atau batu lahar,tidak seperti pertambangan batubara yang banyak kegunaan nya.
Penjelasan :
Harga pasaran dunia sekitar US$500 sd US$2000 hitungannya per MT :
MT=Metric Ton artinya 1 ton = 1000 kg, jd bagikan saja per kg nya,sekitar Rp.19.500,- per kilonya untuk kwalitas super.
Harga di atas juga tidak bisa dipastikan karena tergantung harga pasaran dan kebutuhan di kalangan pembuat hiasan dari batu ini.
Selama ini banyak salah persepsi.
Dalam hitungan sering diplesetkan hitungan MT disamakan dengan per kilo.Jelas akan lebih mahal dari emas dan batubara. Padahal yang dijual adalah batu bedak yang telah membatu. Ini tentunya bermasalah besar. Tidak ada lagi pembeli yang berani invest modalnya ke Indonesia,kerugian paling besar bagi penambang kecil akibat ulah dari para calo2 yang tidak bertanggung jawab hanya ingin mengeruk keuntungan se besar2 nya dengan membuat cerita rekayasa. 

Pembeli batu ini hanya orang tertentu,untuk membuat hiasan meja kecil. Dengan volume 20 kg hanya dapat sekitar 2 sd 3 hiasan,selebihnya terbuang.
Sekarang pasaran batu ini sedang anjlok.Sedangkan dari Gunung Buled Sagaranten sudah tidak bisa men supply kebutuhan pembeli,karena lahan batu nya sudah deplicted(punah) yang dulu dikuasai atau di exploitasi oleh perusahaan Korea untuk produksi bahan material dll. Saat ini penggalian sumur di lahan yang tersisa ini di Sukabumi dipaksakan hingga mencapai 30 meter oleh para penduduk karena di iming2 kan dengan harga yang tinggi oleh para calo dari sumber yang salah,dan belum tentu ditemukan batu ini di dalam nya. (Hasil survey)
Pengambilan dialihkan ke Brazil,Meksiko dan India dalam jumlah bongkahan besar dengan harga sesuai dengan hitungan MT (matric tonne) merupakan saingan pasar, walaupun dalam segi kwalitas Indonesia masih sedikit lebih baik.
Hasil survey menunjukkan adalah beberapa wilayah lagi di Indonesia yang masih ada batu sabun ini. Dan saat ini sedang ditelusuri.
Akibat salah perhitungan ini , pembeli luar selalu mengatakan bila batu koneng atau batu sabun ini di dalamnya terdapat emas maka tidak masalah dengan harga 2 juta sd 7 juta rupiah per kilo sesuai dengan kwalitas. Bila tidak, sama saja bunuh diri bila pengambilannya dalam ratusan Ton yang bisa mencapai Trilliunan Rupiah. Pengusaha yang ber akal sehat  akan berpikir untuk membeli batu ini dengan harga setinggi itu.
Apakah yang dimaksud TIAN HUANG?
TIAN HUANG JAMAN DINASTI :
Xia dynasty TianHuang adalah barang yang sangat langka dan kategori fine antique yang dilelang dengan harga tinggi.Batu ini sudah sulit ditemukan lagi. Jenis ini dinamakan Batu Kaisar Shi Tian Huang. Ini yang mahal krn koleksi pribadi dari kerajaan jaman dinasti.
DAN Saat ini REPRODUKSI nya (tiruan) Tianhuang menggunakan batu sabun seperti pirofillit dan cinnabar untuk hiasan2 feng shui atau decorative products dikalangan kelas menengah di China. Peminatnya semakin menurun karena keadaan ekonomi di dunia semakin merosot
Demikian info ilmu,semoga bisa jadi acuan agar tidak tertipu dengan keterangan2 orang yang menyesatkan dengan perhitungan yang salah kaprah sehingga harganya selangit lebih mahal dari EMAS bahkan BATUBARA.

No comments:

Post a Comment